Sit Back & Relax

Pernah gak sih kalian bingung sama keadaan sampe bikin kalian ketar-ketir, setress, sampe bawaannya tuh cuma pengen maraah aja. Pasti pernah kan. Nah, gue ituu...terlalu cepet marah, semua hal yang gue gak suka bikin gue marah, sampe ini menyusahkan diri gue sendiri dan orang lain. Apalagi orang" yang gue anggep deket, yang tapi akhirnya menjauh.. oke,lupakan.

Jadi kadang gue suka nemuin ato ditemuin lebih tepatnya sama situasi yang gak pasti dan gak jelas yang menimbulkan munculnya banyak pikiran, prasangka, dan ucapan yang sebenarnya tidak diperlukan. Jadi, untuk masalah yang gue temuin itu sih seringnya, atas dasar ke-kepo-an gue sendiri. Misalnya gue melihat A, dia lagi nolongin B cuma karna kebetulan waktu itu emang lagi cuma ada dia yang bisa nolongin si B. Terus A nulis di jejaring sosial/ngobrol sama temennya yang gue gak kenal, topiknya agak" mirip sama kejadian waktu dia nolongin B. Terus dengan sok pinternya gue langsung berpikir bahwa si A ada apa" sama si B. Terus dengan sotoynya gue ngasi tau ke si B isi pikiran gue, padahal yang A tulis/omongin itu sebenernya tentang hal lain. Jadi runyam kan masalahnya. B jadi ke-GR-an, A jadi males gara" digosipin, dan gue merasa bersalah karena kesotoyan gue. Ini cuma contoh sederhananya aja dan bukan dari kejadian gue, cuma secara masalah yang ditimbulkan, hecticnya miriplah..

Nah masalahnya, udah berkali-kali gue melakukan hal itu. Kepo, mencari informasi bukan pada tempatnya, berprasangka *kebanyakan sih buruk*, terus dengan SOK pinternya ngomong ke orang yang bersangkutan, nuduh" yang gak jelas, terus marah". Semua gue lakukan dalam tempo yang singkat. Misalnya baru keponya jam 8 malem, besokan paginya begitu ketemu langsung ngomong. Tapi setelah ngomong dan marah", gue kepikiran sama hal" positif yang sebenernya dilakuin si A ini. Masalahnya ada di perbedaan pola pikir. Taulah, tiap manusia kan pola pikirnya berbeda. Abis kepikir gitu, gue merasa bersalah, gak mikir panjang dulu sebelum bertindak. Kaya anak kecil banget.

Dan selayaknya manusia yang lebih pinter daripada keledai, harusnya gue gak melakukan kesalahan yang sama dong.. Tapi dengan bodohnya gue ngelakuin ini terus-menerus. Kepada 1 orang. Gimana gak keki tuh orang sama gue? Ya gue bisa ngertilah kenapa sikapnya jadi berubah sama gue.

Barusan aja nih, barusan, gue menemukan sesuatu hal, beberapa kata yang disusun dan dirangkai indah, bahkan bukan karangan dia sendiri, tapi kata" itu berhasil bikin gue cenat-cenut. Memutar ingatan ke belakang, berpikir apa yang udah gue lakuin sampe dia bisa begitu. Apa yang udah dia lakuin yang sebenernya udah menunjukkan hal itu tapi gue gak sadar dan gak mau sadar. Sampe akhirnya dia nulis kalimat itu yang bahkan mungkin juga bukan ditujukan buat gue. Pikiran" galau dan prasangka langsung nemplok di pala gue. Udah hampir nangis, tapi dipikir lagi, buat apa nangis? Tahan. Cemen banget jadi orang liat gitu aja nangis.

Tapi gue butuh orang yang bisa gue ceritain masalah gue, pikiran" gue, keinginan gue dalam menuntaskan ke-galau-an gue. Temen" kuliah gak mungkin karena gue tau mereka lagi sibuk sama tugasnya yang belom kelar. *Sebenernya gue juga lagi masih bingung dan belom nyentuh sama sekali, tapi malah curhat disini.* Trus gue liat" list chat di BBM. Sebelom tidur gue sempet cerita ke si oneng, sohib dari SMA yang sempet lost contact, tapi semenjak dia punya BB kita jadi sering ngobrol lagi. Ada chat dari dia yang belom gue bales. Tadinya gue pikir dia udah tidur, gue iseng aja ngebales, eeh, ternyata dia masih bangun. Puji Tuhan.

Langsung deh gue curhat panjang lebar ke dia apa yang gue pikirin daritadi, apa yang bikin gue galau. Sebenernya, solusi" itu semua udah ada di kepala gue, cuma gue butuh diyakinkan bahwa apa yang mesti gue lakuin tuh tepat. Dan solusinya itu adalah Diem. Iya, cuma diem. Sebenernya gue pengen ngomong ke orang yang menimbulkan kegalauan ini, apa yang gue rasain, apa yang gue pengenin, apa yang gue pikirin. Tapi diliat dari sikapnya, kalo gue ngomong lagi, mau sebaik apapun, pasti adanya dia bakal makin kesel. Dan sesudah gue ngomong gue bakal merasa semakin bersalah. Jadi jalan keluarnya adalah diem.

Sering dengan diem ini, gue jadi ngasi waktu ke otak gue buat mikir yang jeleknya sampe gue kesel, tapi setelah semua pikiran jelek itu terpikirkan abis, tiba" gue langsung ngeliat sisi positif dari masalah itu ato kepikiran pola pikir orang tersebut yang sebenernya gak ada maksud dan tujuan dari apa yang gue bayangkan. Dan akhirnya masalah dalem otak gue itu hilang dengan sendirinya. Gue seneng karena menemukan jawaban yang memuaskan dari dan bagi diri gue sendiri, dan orang itu pun gak nambah keselnya karena gue. Lewat deh 1 masalah.

Tapi hidup ini kan terus berulang. Suatu saat gue bakal nemu lagi masalah kaya gini yang membuat galau dan mungkin gue akan meledak. Siapa yang tau kan? Tapi seengganya gue udah ketemu jalan keluar yang paling baik di saat yang gak pasti. Di saat gue bingung harus ngapain. Di saat gue stress dengan pikiran gue sendiri.

- Just sit back & relax. Let the time calm my self, wash my thought, so i could get a clearer view of the problem, solve things with a win-win solution. Make everyone as happy as thay can be. :) -


Comments

Popular posts from this blog

Am Not Ready

Aku bilang karma, Kamu bilang anugrah.. :)

Decisions, decisions.