Bersyukur dan Bahagia

Entah mengapa, gue dari dulu itu orang bebel, semua mesti ada logikanya dan harus sesuai sama alur pikiran gue. Jadi kalo misalnya gue belom pernah ngelakuin suatu hal, gue gak akan bisa ngebayangin apa yang hal itu bisa lakukan ke gue.

Contoh, dulu waktu nonton AFI, mama mia, Indonesian Idol, dan ajang-ajang pencari bakat lainnya, tiap gue liat pas babak penyisihan mereka begitu tegangnya nunggu hasil pengumuman, gue malah ngata-ngatain mereka. Dengan pola pikir gue masa itu, gue pikir, "Apaan si, lebay amat pake deg-degan segala. Kalo masuk ya emang lagi hoki. Kalo keluar ya udah, toh lu gak bisa apa-apa juga" TAPI setelah gue merasakan sendiri pas gue lomba kemaren sama Ultima Sonora, gue ngerasain deg-degan itu. Kemudian, baru gue sadar, di tiap lomba, orang punya harapan, dan saat penyisihan atau pengumuman pemenang, sejelek apapun orang itu, tapi kalo dia udah merasa memberikan yang terbaik dari yang dia bisa, dia pasti punya keinginan untuk menang, punya harapan untuk dihargai atas hasil kerja kerasnya, bagaimanapun itu hasilnya. Jadi gue mesti merakan sesuatu dulu biar gue bisa tau, apa yang orang pikirin, apa yang orang rasain waktu mereka sedang mengalami sesuatu.

Nah, pasti sering banget denger istilah ini,

"Kita bersyukur bukan karena bahagia, tapi kita bahagia karena kita bersyukur"

sebagai gue yang dulu, gue gak bisa ngerti apa maksud dari kata-kata ini. "Kalo kita bahagia ya kita bersyukur! Mana ada orang bersyukur atas hal susah terus bisa bahagia?" mungkin semacam itu. Tapi sekarang gue jadi sadar. Kalo kita bisa mensyukuri apa yang kita punya, kita jadi menerima keadaan dan ngejalaninnya dengan enjoy. Coba bandingin sama kita yang selalu marah karena dapet hal-hal yang gak kita suka tapi mau gak mau HARUS kita kerjain.

Contohnya adalah, (lagi-lagi) tugas.


Coba kita berpikir tugas dari sisi positif yang bisa bikin kita bersyukur. Misal, "Asiiikk, dapet tugas lagi! Bisa sekalian latihan, dapet nilai dan ngasah skill nih!" Emang sih, rada memaksakan diri kita sendiri biar semangat,tapi kata-kata itu harus diresapi dengan baik. Dengan seringnya kita berpikir seperti itu
pola pikir kita akan terbiasa buat mikir hal baik. Dan kita akan ngerjain sesuatu itu dengan enjoy dan hasilnya pun baik karna kita bakal berusaha buat ngasih yang terbaik di tugas itu.


Kalo kita berpikir dari segi negatifnya, Misal, "Jing! Tugas lagi, tugas lagi. Ni dosen pada maunya apa sih?! Dipikir idup gue isinya cuma buat ngerjain tugas dia doang kali. Faklah!!" Dengan mikir gitu, baru juga kita dapet tugas,
kita bakal langsung super BT, males ngapa"in, mood ancur, idup jadi terlihat suram. Yang padahal engga si, kita aja yang ngeliatnya gitu. Toh, walaupun kita gak suka, kita tetep harus bikin kan karna gak mau nilai jatoh dan mengecewakan diri sendiri. Hasilnya pun super pas-pasan, lah wong ngerjainnya aja dah gak niat. Pokonya kalo mikir negatif, semuanya bakal kebawa negatif deh pasti.

Jadi, mendingan kita mulai bersyukur atas segala sesuatu yang kita punya. Coba liat suatu masalah dari sisi baiknya. Toh, gak ada salahnya buat menyemangati diri sendiri. :)

Comments

  1. menyemangati diri sendiri ala vani sagita:
    "bunuh gue..bunuh!"

    ReplyDelete

Post a Comment

Say it like you mean it.

Popular posts from this blog

Am Not Ready

Aku bilang karma, Kamu bilang anugrah.. :)

Decisions, decisions.