Aku Cina, Dia Bukan.

Sedari kecil, gue udah dibilangin, diwanti-wanti, dan di doktrin, kalo yang namanya cina, ya harus nikah sama yang cina juga. Pribumi itu gak baik, jahat, dst, dsb. Di dukung pula denga lingkungan sekolah gue yang mayoritas cina. Gue sebagai anak kecil yang polos dan imut kan ya percaya-percaya aja doong, lah wong belom ngerti apa-apa. Kanan kiri aja masih bingung. 

Nah, pas gue SD gitu, lupa tepatnya kelas berapa, gue mikir. Adeknya bokap yang cewe, nikahnya ama pribumi. Adeknya nyokap yang cewe, juga nikahnya sama pribumi. Lah, gue yang merupakan adik cewek dari kakak gue dengan pola pikir pribumi-itu-tidak-baik, langsung deg-degan memikirkan masa depan. Tapi gak lama, paling 2 jam, abis itu asik main lagi.

Tapinya, semakin gue gede, semakin gue ngeliat kalo sebenernya pribumi itu ya gak yang sejelek image yang dibangun orang tua gue. Malah setelah gue liat temen-temen gue yang cina, cara becandaannya, bahan omongannya, setelah gue bandingin sama temen-temen gue yang pribumi, justru malah lebih asik temen gue yang pribumi. Gatau pas gue dapetnya yang lagi bagus ato gimana. Yang pasti cara ngomong mereka tuh gak tinggi, gak perlu menyombongkan apapun untuk bertemen, ya cukup jadi diri sendiri aja.

Begitu juga dengan masalah pasangan. Beruntung gue bisa ngerasain pasangan beda ras dan beda agama, jadi gue bisa tau lebih dalem kebiasaan-kebiasaan mereka, cara pikir mereka, dan gue jadi berpikiran super terbuka dengan itu. Nah, masalahnya, si mamake dan bapake masih berpikir kalo gue harus punya pasangan yang cina juga. Tapi gimana, namanya suka gak bisa dipaksain kan? 

Setelah pasangan yang pertama, gue udah mau tobat. Maunya cari yang cina aja gue pikir, biar bisa dikenalin sama mami papi. Nah, pas kenal sama si mantan gebetan ini, gue pikir dia cina, gataunyaa jawa sundaa.. muslim pula. Yaa gue sih gak masalah, karna buat gue yang penting nyambung n nyaman buat diajak ngobrol..

 Singkat cerita, gue akhirnya jadian sama si mantan gebetan, Awalnya sih gue takut kalo sampe bonyok tau asal-usulnya ini, tapi entah mengapa feeling gue enak banget soal ini. Yaudah dia maen ke rumah dan udah kenalan sama bapake. Selang  berapa hari bapake mengkepo ke gue soal sang patjar dan taulah dia kalo sang patjar bukanlah seorang cina dan merupakan seorang muslim. Seminggu kemudian, mamake tau. Dan terjadilah percakapan ini:

M: "Kata papi pacar kamu islam?"

Gw: "Iya"

M: "Terus gimana?"

Gw: "Ya gak gimana-gimana.."

M: "Emang kamu serius sama dia?"

Gw: "Yaa gatauu..."

M: "Emang lu mau masuk islam?"

Gw: "Engga kok, ngapain? Dia bebas kok sama mami papinya, gak harus sama yang islam juga.."

M: "Oooh..."

Entah mengapa gue tenang banget tiap ditanyain soal dia, gak pake takut" akan dilarang ato gimana. Dan gue pun merasa gak ada tanda-tanda penolakan dari mamake atopun bapake. Ya untuk sekarang sih, dan semoga ke depan"nya juga ngga ada.

Comments

Popular posts from this blog

Am Not Ready

Aku bilang karma, Kamu bilang anugrah.. :)

Decisions, decisions.