Pagi Buta

Gue suka banget sama subuh. Pokonya selepas jam 3 pagi sampe sekitaran jam 5 itu gue suka banget. Bisa jadi karena dulu waktu kuliah sering banget begadang sampe pagi ngerjain tugas yang gak kelar-kelar demi nilai yang baik. Terus juga pertama kali ikut produksi film beneran, syutingnya selalu mulai dari subuh. Sampe tidur pun gue gak apus makeup gara-gara waktu istirahatnya cuma 3 jam setelah seharian muter-muter. Waktu dijalanin, ya itu ngerjain tugas ataupun ikutan syuting, rasanya berat. Capek. Gak pengen untuk ada di sikon itu lagi, gak mau lagi nahan-nahan ngantuk dan kepaksa bangun subuh gara-gara tugas. Tapi kalo dirasa-rasa sekarang, semua kecapean dan kekurangan tidur gue itu jadi terasa menyenangkan banget. Ada rasa juga pengen balik ke masa-masa itu. Pengen ngulang lagi. Emang pasti capek bakal ngikut, tapi after feelnya itu loh yang bikin nagih. 

Dan disinilah gue sekarang, abis ngerevisi power point buat presentasi. Dan ya, itu tugas kantor. Tapi entah kenapa gue ngerasa nyaman untuk berada di suasana ini, di jam-jam ini. Mungkin karena suasananya yang tenang? Gue merasa sendiri tapi gak sendirian. Gak kaya di siang hari yang mana banyak orang tapi gue merasa insecure, sering juga merasa sendirian dan kesepian walaupun gue ngobrol seru banget sama orang-orang di sekitar gue.

Mungkin karena di jam segini, gak ada ekspektasi? Gak ada tekanan untuk bersikap normal, gak ada tekanan untuk menjadi yang terbaik, gak ada tekanan untuk menjadi orang yang baik hati lagi penyayang terhadap orang lain. Subuh terasa jadi waktu egois buat gue, juga waktu kreatif. Gue bisa mikir lebih jernih dan merasa lebih yakin sama diri gue sendiri. Bangun subuh juga bikin mood gue bagus. Gue ngerasa dengan bangun subuh, gue punya waktu lebih panjang untuk bikin kesan dalam hidup gue dibanding gue begadang sampe pagi. Padahal waktu yang dipake sama kan ya, tapi lebih enak kalo bangun subuh. Jadi lebih alert dan kaya udah punya persiapan gitu mau ngelakuin apa di hari itu. 

Kayanya ada pepatah yang bilang, "Lu gak akan tau bener-bener isi pikiran seseorang sampe lu ngobrol sama dia jam 3 pagi." atau semacamnya. Kalo gak ada yah anggep aja gue bener. Dan gue ngerasa ini bener sih. Gue rasa di jam-jam ini orang juga ngerasa lebih rileks dan lebih sebodo amat dengan "image". Lebih terbuka untuk ngomongin perasaan, ngomongin impian yang mungkin terlalu muluk dan malu untuk diumbar, ngomongin masalah yang mungkin dirasa berat, tapi di subuh gini jadi terasa enteng, ya pokonya banyak deh. Lu akan lebih mengenal seseorang saat lu ngobrol 1 jam sama dia di subuh gini dibanding berminggu-minggu ngobrol sekedar basa-basi.

Tapi jangan orang lu bangunin subuh-subuh buat dengerin curhatan lu juga. Nah ini juga lucunya, untuk bisa ngobrol sama orang di jam 3 pagi itu bukan kesempatan yang terbuka tiap hari, makanya kalo lu sampe bisa ngobrol dengan orang itu di jam segitu, berarti lu / dia abis ngelakuin sesuatu yang di luar kebiasaan sehari-hari. (kecuali pedagang yang jualannya emang subuh ye), jadilah kalian merasa ada kedekatan yang lebih dibanding sekedar "kenalan" yang cukup perlu tau permukaan lu aja. Lu ngerasa orang itu cukup dekat untuk lu bagi isi kepala lu yang random. Sama aja ini kalo diibaratkan dengan diri lu sendiri, lu berada di waktu yang gak biasa buat lu tapi sesuatu yang gak biasa ini terasa nyaman karena gak ada ekspektasi itu tadi. Dan lu juga ngerasa ini waktu khusus buat elu sendiri tanpa embel-embel siapapun, waktu buat mikirin ya diri lu aja, gak mikirin masalah lain kaya kerjaan ato tugas ato apapun itu yang udah lu pikirin seharian. Mikir untuk sendiri itu asik, bikin diri lu spesial di otak lu sendiri, bikin diri lu jadi prioritas. Tapi nanti pas matahari udah terbit lagi yah wasalam deh. Katakan sampai jumpa sama kenyamanan terhadap keegoisan lu sampe kapan lu bangung subuh lagi.

Wah tiba-tiba gue mandapatkan pencerahan. Padahal pas awal nulis bingung loh kenapa bisa. Hahaha. Dasar filosofis.

Comments

  1. Dalem yaa postingan yang ini..
    Saking dalemnya mungkin gw bisa berenang kali ya.
    Mau nulis postingan dalem-dalem juga ahh~

    ReplyDelete

Post a Comment

Say it like you mean it.

Popular posts from this blog

Am Not Ready

Aku bilang karma, Kamu bilang anugrah.. :)

Decisions, decisions.