Midnight Wanders

Udah lama rasanya dari terakhir kali ngerasain kebangun tengah malem. Biasanya ketemu tengah malem itu paling kalo emang belom sempet tidur sedari paginya. Kebangun tengah malem itu, kebanyakan gak enaknya. Apalagi kalo isi otak lagi campur aduk, banyak ini itu yang mesti dikerjain. Dan ada juga ini itu yang sebenernya sepele tapi guenya keburu sensitif dan nanggepinnya jadi berat ke satu sisi. Akhirnya nambah gak bisa tidur deh.


Kebangun di tengah malem itu gelap dan acara tv udah antara jelek atau film yang udah diulang kesekian juta kalinya atau berita yang kebanyakan isinya negatif aja. Gelapnya itu bikin otak gue jalan kemana-mana. Gue kemudian ngerasa khawatir sama masa depan. Lalu nongol imaji-imaji ingatan gue waktu syuting di Cafe Dangdut gelap dan bau rokok. Tempat itu aneh. Di satu sisi itu adalah tempat tua yang gelap, kotor, tua. Tapi di sisi lain gue suka dengan arsitekturnya yang jadul banget. Pintu koboi, dinding dilapisi kaca 20×20 yang mirip jendela. Kursi rotan ala ala vintage dengan busa dudukan yang udah tepo. Lampu-lampu temaram warna ijo, merah, & kuning yang tersebar di berbagai tempat. Meja bartender kecil dengan bingkai-bingkai berisi iklan jadoel yang udah menguning. Gue suka selama syuting disana karena gue berada bukan pada kondisi si tempat itu gimana dia seharusnya dilihat. Gak ada penyanyi dangdut, mbak-mbak centil & om-om botak gendut yang nyari penghiburan sementara dari kehidupan aslinya.


Lucu ngeliat om-om itu kesana untuk rehat sejenak dari hidup aslinya sedangkan gue masuk kesana saat tempat itu sendiri rehat dari pekerjaannya. Lagi gak kedengeran hingar bingar musik dangdut koplo dan lampu neon kedap-kedip. Justru yang gue liat adalah tempat tua yang udah reot dimakan jaman, tapi dipaksa buat keliatan bagus. Kontradiktif, tapi gue justru suka. Bukannya gue suka untuk ada disana terus menerus, tapi gue suka bagaimana pengalaman gue yang merasakan dan memiliki ingatan soal suatu tempat dimana tempat itu bukan berada pada fungsi aslinya. Mungkin di saat dia beroperasi, gak bakal sama sekali gue masuk ke sana. Ngebayanginnya aja gue udah serem. Tapi karena gue masuk ke sana saat tempat itu kosong, berada pada kondisi aslinya yang yang tanpa makeup jadinya gue bisa ngebayangin ala ala film prancis di otak gue gimana seharusnya tempat itu bekerja dan berfungsi.


Tapi walaupun gue suka dengan ingatan gue itu, gue punya ketakutan kalau gue sampe harus ada disana atau lebih tepatnya berada pada posisi hidup yang kurang lebihnya seperti para tamu yg datang ke sana di suatu saat dalam hidup gue. Sebenernya itu hal yg pertama kali terbersit dalam kebengongan gue. Gue gak lagi mikirin itu sama sekali tapi tiba-tiba nongol sekelibatan aja bayangan gue duduk disana dalam diam. Kenapa gue ada disana? Kenapa gue harus kebayang disana? Dan dibalik kenapa, muncul memori-memori yang kembali saat gue berusaha nyari jawaban.


Kebangun tengah malem itu mengingatkan pada hal-hal negatif. Dan berada dalam gelap cuma membantu memperburuk pikiran-pikiran yang seliweran ini menjadi terasa besar dan kesannya, "ini tuoh masalah bhangeut". Terus ga ada orang yang bisa di ajak ngobrol. Alias dalam hal ini yang gue maksud sangat spesifik, yaitu Gans. Oiya, itulah alesan gue betah banget sama Gans. Cuma sama dia doang gue bisa jadi diri sendiri and be however vulnerable I can be. Susah buat nunjukin ke orang kalo gue itu lemah, kecuali yang gue sengaja yang mungkin bisa memberikan keuntungan pada jiwa kompetitif gue. Punya badan gede dan suara berat kaya bencong sudah cukup membuat gue sadar diri kalo lemah itu gak masuk dalem kamus gue untuk terlihat seperti itu di depan umum. People judge based on look and sizes. Admit it. Gue juga gitu. Makanya udah tertanam di otak gue kalo kaliatan lemah, manis, dan manja bukan gue banget. Tapi ketemu orang yang bisa ngeliat sisi lemah gue dan  gak nganggep gue aneh soal hal itu sangat membahagiakan. Gue inget gue jadi makin centil dan makin sok ngegemesin semenjak jadian sama Gans. Cause someone favors that. A side of my actual self, not the side I chose to show.


Aneh pas awal gue ngerasa galau, takut, dan sendiri. Tapi di akhirnya gue malah ngerasa happy. Hahaha.. Blogging is really helping to calm down my wild thoughts anywhere on the darkest part of the world. See you soon in some random thoughts, bloggie!

Comments

Popular posts from this blog

Am Not Ready

Aku bilang karma, Kamu bilang anugrah.. :)

Decisions, decisions.