Nanti gede mau jadi apa?

Sering banget denger pertanyaan itu. Dilemparkan ke orang lain tapinya, bukan ke gue. Seinget gue sih waktu kecil gue jarang banget ditanyain kalo gede mau jadi apa. Itu bagus brati bonyok gue bebas orangnya. Gak maksa-maksa gue untuk jadi sesuatu yang gue gak mau. Tanpa di tanyapun, gue udah bikin list sendiri mau jadi apa gue kalo udah gede nanti. Mau jadi tukang bunga, soalnya enak bisa liat bunga seger tiap hari dan gue suka bunga. Mau jadi FBI karena gue suka nonton reka ulang kejahatan, yang kejahatan di Amrik ye bukan kaya di Patroli yang gak berbobot dan tidak indah itu reka ulangnya, pengen jadi fotografer karena suka liat foto bagus, pengen jadi sutradara karena film itu bagus dan bintang film itu keren. Banyak yang gue pengenin sampe akhirnya nyemplung si sinematografi. Gue ini anaknya lemot, lemot banget, tapi sekalinya ngerti gue bisa bersilat lidah dengan hebat dan yakinnya sampe lu bakal berasa kalo argumen lu itu gak ada gunanya. 

Dengan segala kegalauan gue selama kuliah di sinema, gue gak bisa nangkep unsur dalem filmlah, sinematografi lah, mise-en-scene lah, bikin script yang baguslah, gue gak bisa nangkep semuanya itu secara cepet. Begitu pula dengan makeup. Tiga taun gue cinta mati sama makeup, gue baru ngerti bener-bener ngerti kenapa makeup artist itu suka nanya pake baju kaya apa buat ke pestanya, warnanya apa, terus nanti aksesorisnya apa aja, gue baru ngerti kalo hal itu semuanya ditujukan biar makeupnya nyambung dan konsep yang si pemakai mauin bisa jadi satu. Dan disitulah saat makeup artis bisa keliatan kehebatannya. Di saat dia bisa bikin semua itu jadi satu dengan makeupnya dan mendukung sisa outfit yang digunakan. Gue baru ngerti...barusan. Men gue kurang lemot apa lagi coba? Tapi ngeselinnya, di saat otak gue belom ngedong, mau orang lain ngejelasin sejelas apa juga gue gak akan bakal ngerti. Tapi disaat gue udah hampir lupa dan hampir gak peduli sama hal itu, EH tiba-tiba gue jadi ngerti semua logikanya dan gue nyambung banget mau diajakin ngomong belok-belok kemana juga.

Dan begitu juga dengan sinematografi. Selama gue kuliah, gue gak bisa nangkep sepenuhnya untuk kemudian gue praktekin ilmu-ilmu yang gue dapet. Tapi sekarang tiba-tiba semua itu seakan jadi nyambung di otak gue dan gue pengen banget untuk mengaplikasikan semuanya itu lagi. Semua terjadi di saat gue udah gak punya fasilitas dan waktu yang khusus disediain buat ngerjain itu semua. Gue inget dulu waktu SMP gue pernah jadi sutradara drama buat nilai bahasa indonesia. Gue semangat banget bikin ceritanya, gue mikirin alurnya, semaleman gue depan komputer buat ngetik naskah tanpa format yang bener, gue paksa temen-temen satu kelompok gue buat latihan sungguh-sungguh. Bahkan sampe yang jadi figuran pun gue arahin dengan sangat spesifik untuk jangan bertindak cengo dan bodoh. Akhirnya kelompok gue dapet nilai paling tinggi waktu itu. Dan gue....puas banget.

Waktu itu gue sotoy abis padahal ga tau itu yang gue lakuin bener apa salah, Tapi gue ngelakuin sepenuh hati karena gue mau semuanya perfect sesuai kaya apa yang ada di kepala gue. Di saat kuliah, gue dihadapkan dengan segala urusan teknik yang gue jujur gak jago dan gue ga ada semangat buat belajarnya. Karena buat gue, untuk naro pengetahuan baru di otak gue, harus gue yang pengen untuk ngelakuin hal itu sendiri. Kalo orang lain yang maksa untuk masukin info itu dan secara berkelanjutan memaksa, gue semakin menolak. Gue seperti butuh waktu buat mencerna dulu semua info dan teori yang ada, membaca berulang-ulang dari berbagai sumber, berusaha mengerti inti dari semuanya secara teori dan mengambil kesimpulan dari otak gue sendiri, kemudian praktekin kesimpulan gue.

Gue rasanya pengen balik ke jaman gue SMP lagi, dimana gue masih dengan sangat sotoynya ngelakuin sesuatu yang gue yakin kalo gue ngelakuinnya secara bener. Karena gue, bukannya OCD, tapi gue punya cara yang spesifik untuk melakukan sesuatu, gue gak mau pake cara orang, gue maunya ngelakuin dengan cara gue. Dan kalo ada orang yang ngeliatin gue kerja atau ngelakuin sesuatu, ngerjain tugas kuliahan misalnya, gue gak bisa di judge disaat gue masih bego dan salah, gue akan defensif dan semakin defensif dan akhirnya gue gak mau ngerjain. Karena yang berhak menilai gue adalah diri gue sendiri, gue gak suka dinilai sama orang lain. Mungkin ini sebabnya gue males ketemu orang baru dan mencoba hal baru.

Tapi intinya sih dari judul post ini, dari kecil sebenernya kita tau mau jadi apa kita gedenya nanti. Impian masa kecil itu kaya doa buat diri kita sendiri di gede nanti. Gue sih ngerasanya apa yang gue cita-citain sedari kecil mungkin bisa tercapai karena keinginan gue masih sama dari dulu sampe sekarang. Cuma bedanya dulu itu gue gak mau berusaha untuk mencapainya, kalo sekarang gue ngeliat ke segala kemungkinan yang ada buat gue mencapai keinginan itu. Cuma mungkin di perjalanannya banyak rintangan dari luar, semisal masalah teknis yang perlu dipelajari itu dan rintangan dari dalem yang contohnya adalah kespesifikan gue dalam menyerap ilmu dan ke defensifan gue dengan penilaian orang lain. Tapi kalo emang keinginannya kuat, pasti lama-lama rintangan itu juga akan ilang sendiri seiring dengan terbuka dan berkembangnya juga pola pikir kita. Gue gak bilang pikiran gue udah terbuka, ngga, gue juga ngerasa masih ada beberapa hal yang gue masih berpikir dan bertingkah kaya anak kecil. Yang lucunya, waktu kecil gue selalu berusaha keliatan dewasa, selalu mau diliat pinter. Sedangkan pas udah gedenya, maunya jadi kaya anak kecil polos bego yang ngelakuin apa juga sesuka hati karena pengetahuan yang terbatas. 

Comments

Popular posts from this blog

Am Not Ready

Aku bilang karma, Kamu bilang anugrah.. :)

Decisions, decisions.