Soal Haters dan Titip Menitip Barang

Sumpah ini lagi random banget dan harusnya ngetik 300 kata buat advertorial di blog sebelah, tapi malah kepengen curhat disini. Sebenernya gue udah lumayan lama memikirkan hal ini dan sempat beropini ke sesama teman blogger juga, yaitu topik mengenai haters. Banyak kan instaceleb dan blogger-blogger eksis yang bete banget sama haternya dan marah-marah karena mereka sering banget difitnah dan dikata-katain. Tapi gue bingung, kenapa mereka mesti marah? Buat gue, punya haters itu cita-cita, karena haters biasanya nongol kalo ada orang yang sukses dan berhasil dalam bidang yang dijalaninya. Kalo gue punya haters, gue akan embrace kehadiran mereka di tengah kesuksesan gue. Bakal gue kasih makanan yang mereka suka untuk ngebash gue. Semakin mereka kejam, semakin gue akan bersikap manis ke mereka because there's nothing sweeter than a a sweet sweet revenge.

Lu sadar gak sih kalo kita baik ke orang yang jahat ama kita, lama-lama itu orang akan gak enak sendiri ke kita. Ya seengganya kalo dia masih punya hatilah. Kaya cowo gue sempet dinyinyirin soal kerjaannya oleh seseorang lain yang gak akan gue sebutkan namanya. Seseorang ini semacam gak suka dengan apa yang cowo gue buat, tapi hal yang dia komplenin sangat-sangat gak masuk akal. Yah semacam komentar orang sirik gitulah. Ngomongnya juga cuma nyerempet-nyerempet, tapi karena lingkup hidupnya sempit jadi ketauanlah yang dia omongin itu orangnya yang mana aja. :))
Tapi entah kenapa gue langsung berpikir dan bilang ke cowo gue buat jangan balesin komennya itu, tapi ajak dia kalo cowo gue dapet kerjaan, bawa dia ke tempat yang lebih tinggi dari yang dia ada sekarang. Buat hidup dia bahagia. Karena perasaan bersalah atau malu yang dirasakan oleh orang itu saat dia sadar kalau hidupnya udah ditinggikan oleh orang yang dia rendahkan adalah perasaan yang paling manis buat gue. Memberi itu memang membahagiakan, bukan? :)

Ya tapi trik ini cuma bisa jalan kalo orang itu masih tau diri. Kalo dia gak tau diri dan gak sadar sama apa yang udah dia terima, di pihak kita juga nothing to lose, karena kita udah memberikan yang terbaik dan tidak merugikan pihak manapun. Win-win solution, toh?

Ngomong-ngomong soal tau diri, hal ini menyambung ke satu hal yang lagi gue betein. Memang sih kalau udah denger orang ada yang mau pergi ke tempat yang kita jarang datengin, pasti kita akan spontan ngomong, "Jangan lupa oleh-olehnya dong!". Kalimat default semacam kalo ketemu kolega pasti nanyanya "Apa kabar?". Gak bakal jauh dan gak bakal lari. Seharusnya hal ini memang bisa gue tanggapi dengan candaan dan kalimat diplomatis, tapi gue keburu kesel.

Orang yang pergi itu udah banyak urusannya, mikirin bagasinya sendiri aja udah pusing apalagi beliin oleh-oleh. Belom lagi kalo perginya itu adalah untuk urusan dinas. Namanya dinas itu kan buat kerja, bukan buat jalan-jalan. Waktunya aja udah abis buat ngurusin kerjaan, kalo elu pake nitip-nitip segala, itu namanya cuma nambahin beban. Kalaupun keburu mulut lu ke default ngomong begitu tiap kali denger orang mau pergi, gak usah minta macem-macem. Udah bagus orang mau beliin lu oleh-oleh di tengah kesibukannya, masih juga bikin request. 

Orang yang pergi itu kan buat dinas, pergi juga boleh dibayarin sama kantor, bukan kemauan sendiri. Terus lu dengan entengnya berpikir kalau yang pergi itu berkewajiban ngeluarin duit yang banyak karena kan menang banyak udah dibayarin tiket syalalanya. Ibaratnya gini ya, gaji lu sejuta, tiket syalala 10 juta, terus lu jadi ngutang sama orang yang juga gak deket-deket banget untuk elu ngabisin duit sebanyak 10 juta dari gaji lu sendiri untuk bagi-bagi ke orang-orang yang peduli ama lu juga engga? Masuk akal gak menurut lu?
Menurut gue untuk urusan titip menitip ini, gak perlulah dilakuin. Oleh-oleh pasti dibeliin tapi kan disesuaikan dengan budget dan diliat jumlah orangnya. Bukannya pelit tapi gue realistis. Kalo emang gak penting-penting banget kaya beli keperluan sehari-hari yang disini juga bisa dibeli dengan harga murah ngapain sih nitip? Sama aja kaya lo gak ada kerjaan di rumah terus lo nyuru temen lu yang udah capek kerja ke mol, suru keliling di tempat yang gak dikenal untuk nyariin kebutuhan lo, beliin buat lo, kemudian lo suru bawain ke elo yang kemudian lu bayar dengan ucapan terima kasih. Ada gak temen lo yang mau lu suru-suru begitu?

Kaya, lu kan bisa beli sendiri. Barangnya juga sama-sama juga, cuma beda embel-embel beli dimananya. 

Gue gak ngerti apa gue yang terlalu tau diri apa gue cuma egois? Kalo denger orang mau pergi, gue gak bakal pernah ngomong nitip barang kecuali itu temen gue banget dan gue tau orangnya tipe yang gak akan keberatan untuk dimintain tolong, semacam orang yang emang hobi rempong. Kalo tau-tau gue dikasih oleh-oleh ya alhamdulilah, kalo gak dikasih yaudah, gue gak rugi juga. Abisan oleh-oleh apalagi sih kalo bukan snack-snack kecil dan gantungan kunci? Emang sih yang diliat itu niatnya, tapi bukannya niat tulus lebih enak diterima yah daripada maksa akhirnya cuma dilakuin setengah niat? Emm.. kayanya banyak sih orang yang gak perduli sama pendapat orang lain selama kepentingannya terpenuhi.

Gini deh, pernah mikir gak sih kalian, orang-orang yang hobi nitip. Orang pergi itu kan, mau dinas mau liburan sendiri, pasti udah ada rencana dan trayek jalannya. Kalo dia trayeknya Jakarta-Tangerang, terus lu titip barang yang adanya di Bekasi. Masih sama sih di Pulau Jawa, tapi lokasinya itu loh. Tolong dong tolong.

Gue juga kalo beliin oleh-oleh ya tergantung gue mau beliin apa. Lu mau minta macem-macem kalo gue ngerasa gak pengen ya gue gak beli. Di kamus gue gak ada enak gak enak kalo udah urusan duit. Iya emang gue pelit, ya duit-duit gue. Prinsip gue, gue akan berbagi kalo gue emang lagi pengen berbagi. Tapi tunggu aja, jangan minta apalagi maksa-maksa. Adanya malah guenya kabur digituin. 

Kalo mau nitip juga tergantung orangnya, kalo gue tau yang dititipin itu sesuai trayek, pas ada waktu pasti gue beliin dan apalagi kalo emang itu adalah temen deket. Paling demen sih kalo ada temen deket yang kalo gue tanya mau nitip apa cuma jawab, "Seadanya ajalah kalo lu sempet, engga juga gapapa." Seneng banget kalo gue udah denger orang yang tau diri banget kaya gitu, malah ujung-ujungnya gue beliin dia agak banyakan. Semacam ucapan terima kasih dari gue atas ketau diriannya.

Ah sudahlah, tau diri itu kan emang urusan masing-masing dengan parameter ketaudirian masing-masing. Yah gue cuma bisa menanggapinya dengan parameter respon gue pribadi. :))


Comments

Popular posts from this blog

Am Not Ready

Aku bilang karma, Kamu bilang anugrah.. :)

Decisions, decisions.